Profil Perusahaan

PT Prima Terminal Petikemas adalah anak Perusahaan yang merupakan usaha patungan antara PT Pelabuhan Indonesia I (Persero), PT Hutama Karya (Persero) dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. Dengan PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) sebagai pemegang saham mayoritas. Memperoleh pengesahan Badan Hukum dengan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Azazi Manusia No. AHU-46327.AH.01.01 tanggal 3 September 2013.

Perusahaan oleh PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) ini didirikan khusus dalam rangka pengembangan bisnis pelayanan terminal petikemas, baik domestik maupun internasional baik di dalam maupun di luar lingkungan wilayah kerja PT Pelabuhan Indonesia I (Persero).

Dalam tahap awal pendiriannya, PT Prima Terminal Petikemas akan mengembangkan Terminal Petikemas Belawan sepanjang 350 m Paket II, dimana pengembangan Terminal Petikemas Belawan Paket I juga sepanjang 350 m infrastrukturnya dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan. Pengembangan Paket I dan Paket II dengan panjang total 700 m sejalan dengan Rencana Induk Pelabuhan Belawan yang telah disyahkan oleh Menteri Perhubungan dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM. 21 tahun 2012.

Saat ini PT Prima Terminal Petikemas lebih banyak fokus kepada pembangunan infrastruktur dan penyediaan alat beserta IT System untuk pengembangan Terminal Petikemas Belawan sepanjang 350 m Paket II. Proyek pengembangan ini direncanakan akan selesai dalam waktu 3 tahun, meliputi pekerjaan reklamasi, pembangunan dermaga, pembangunan CY, utilitas dan fasilitas pendukung serta penyediaan alat B/M petikemas yang terintegrasi dengan IT System.
Vendor / Teknologi Kepelabuhanan
Informasi Lainnya